Bagaimana Cara Membuat CoE (Certificate of Eligibility) di Jepang

, , 47 comments
بسم الله الرحمن الرحيم

Certificate of Eligibity (CoE) merupakan dokumen yang wajib dibuat ketika kita ingin mengajak keluarga kita untuk tinggal lama di Jepang ( > 3 bulan). Dokumen ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu syarat pembuatan visa di Indonesia.

Pengalaman saya dalam membuatkan CoE keluarga membutuhkan waktu sekitar 1 bulan (3 minggu lama menunggu CoE dari kantor imigrasi di Hamamatsu, Jepang + 1 minggu mengirim CoE dari Jepang ke Indonesia).

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus CoE :
  1. Fotocopy paspor Penjamin (yang tinggal di Jepang) dan paspor Dependent (keluarga yang diundang)
  2. Fotocopy surat yang menyatakan hubungan keluarga Penjamin dengan Dependent, seperti KK, surat nikah, akte kelahiran.
  3. Foto Dependent ukuran 3x4 1 buah
  4. Fotocopy resident card Penjamin
  5. Surat keterangan mahasiswa
  6. Surat keterangan penerima beasiswa (keterangan penghasilan)
  7. Surat keterangan tempat tinggal Penjamin dari City Office (Shiyakuso)
  8. A return-mail envelope (Amplop yg bisa dikirim balik) yang diberi perangko ¥430 dan ditulis alamat rumah kita yg di Jepang
  9. Formulir aplikasi (Form Dependent) link download formulir Dependent No.11 (Dependent who lives together with their supporter)
Tips: Jangan lupa membawa dokumen asli (KK, surat nikah, dll) dari Indonesia.
Contoh Dokumen-dokumen:

Formulir CoE Dependent
Surat keterangan menerima beasiswa 
Keterangan tempat tinggal di Jepang
Surat keterangan mahasiswa
CoE diterima di asrama
Alamat Kantor Imigrasi di Hamamatsu:
Shizuoka-ken, Hamamatsu-shi, Naka-ku, Chūō, 1 Chome−12−4, 名古屋入国管理局浜松出張所
Hamamatsu Godo Chosha 1F, 1-12-4 Chuo, Naka-ku, Hamamatsu-shi. Tel. 053-458-6496



Semoga bermanfaat,
Hamamatsu, 2014.01.25

Referensi:

47 comments:

  1. assalamualaikum Pak..
    mau tanya untuk COE nya harus membawa KK atau akte asli ya?


    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Sepertinya tidak harus bawa, cuma di sana akan ditanya dokumen aslinya. Kalau tidak bawa dokumen aslinya, cukup dijelaskan saja alasannya ke petugasnya.

      Delete
    2. Assalamualaikum di sini saya akan bercerita kisah sukses suami saya jadi TKI yang menjadi kenyataan. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM. Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Suami saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar, saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, suami saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1. Pada pertengahan tahun 2016 suami saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO no hp beliau 0823-5240-6469, Alamat kantor beliau BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770. Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah suami saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa suami saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya suami saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya suami saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh suami saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter suami saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala suami saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi suami saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah suami saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun suami saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan suami saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih suami saya pada saat suami saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan suami saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG. Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, suami saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti suami saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  2. Assalamualaikum, perangkonya Naek Mas, 430y sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... mba junita barusan submit yaaa.
      thanks infonya pak tomy and mbak junita :D

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam. Makasih infonya Teh.

      Delete
  3. Mao Tanya mas Kalo mengajukan Coe dari kantor imigrasi hamamatsu bisa juga dikantor imigrasi bagian Mana y ?

    ReplyDelete
  4. Mao Tanya mas Kalo mengajukan Coe dari kantor imigrasi hamamatsu bisa juga dikantor imigrasi bagian Mana y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya untuk mengurus Coe dikantor imigrasi dibagian permohonan visa atau dibagian lainnya?

      Delete
    2. Di kantor imigrasi sendiri cuma ada satu loket untuk semua hal yg berkaitan dengan imigrasi, seperti membuat COE, memperpanjang visa, dll. Jadi tidak dikelompokkan berdasarkan keperluannya.

      Delete
  5. Kalo Mao mengajukan Coe untuk visa spouse adopt child syaratnya apa aja y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau untuk masalah adopt child. Untuk anak kandung, sy cukup menggunakan KK dari Indonesia.

      Delete
  6. Assalamualaikum..
    mas saya mau tanya..kebetulan saya sedang mengajukan pembuatan CoE untuk istri, lama sampai dengan CoE beres kira2 berapa lama ya ? soalnya sudah mau menginjak 1 bulan belum keluar juga CoE nya..apakah ada kemungkinan ditolak ? terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Iya, ada kemungkinan ditolak. Pengalaman teman sy, dia pernah ditolak pengajuan COEnya krn alasan penghasilan perbulannya tidak cukup utk membawa keluarga. Utk lebih jelasnya, apakah ditolak atau masih dalam proses, lebih baik ditanyakan ke pihak imigrasinya.

      Delete
    2. mmm..gitu ya mas ? tidak diberitahukan lewat pos ya apabila terjadi penolakan, seperti pemberitahuan mengenai kekurangan data tambahan ?
      oke thanks ya mas atas info nya..

      Sanjaya dari Mihara-shi, salam kenal..

      Wassalamualaikum..

      Delete
  7. mas, kalau tidak membawa dokumen asli biasanya alasannya diterima tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan apa maksudnya Mas? Kalau tidak membawa dokumen asli, sepertinya masih bisa. Itu hanya sebagai penguat saja.

      Delete
  8. Assalammu'alaikum pak..
    Itu KK dan akte lahirnya apa harus ditranslate ke bahasa Inggris dahulu ya?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal Pak..
    kalau urus CoE untuk urusan pekerjaan syarat nya apa saja ya pak ? dan waktu nya berapa lama ? saya dulu apply surat pengajuan training pribadi ke perusahaan di Jepang , sudah di terima dan saya dikirmkan dokumen data perusahaan, itinery , dan surat undangan..dua kali kelengkapan itu di tolak oleh konsulat karena di dalam nya tidak ada CoE nya dan saya harus menyertakan surat keterangan dari perusahaan di indonesia yg bekerja sama, padahal saya apply itu atas nama pribadi tidak mewakili perusahaan manapun..mohon informasi nya supaya saya bisa jelaskan ke pihak perusahaan di Jepang..terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum di sini saya akan bercerita kisah sukses suami saya jadi TKI yang menjadi kenyataan. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM. Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Suami saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar, saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, suami saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1. Pada pertengahan tahun 2016 suami saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO no hp beliau 0823-5240-6469, Alamat kantor beliau BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770. Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah suami saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa suami saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya suami saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya suami saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh suami saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter suami saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala suami saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi suami saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah suami saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun suami saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan suami saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih suami saya pada saat suami saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan suami saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG. Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, suami saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti suami saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  10. Salam kenal juga Pak. Maaf kalau untuk urusan pekerjaan saya tidak terlalu paham. Cuma, sepengetahuan saya, untuk pekerja ada beberapa kategori, seperti Intra-company Transferee, Skilled Labor, Trainee.

    Persyaratan lebih lengkapnya bisa dibuka link berikut (website dalam bhs inggris, kalau mengalami kesulitan bisa pakai translate.google.com) :

    http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/Table3-1.html

    ReplyDelete
  11. makasih banyak mas infonya, untuk aplikasi Coenya hanya diisi halaman depannya aj mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi COE harus diisi semua, tidak hanya halaman depannya saja. Klo ga salah, total ada 3 atau 4 halaman yg harus diisi.

      Delete
    2. makasih mas tomy, insyaAllah sudah :). pihak imigrasinya yang membantu mengisi, saya kira serumit COE untuk student ternyata tidak hehehe. makasih banyak ya mas infonya sangat membantu. moga barokah aamiin

      Delete
  12. Assalamualikum mas Tomy, Salam kenal. Nama saya Donny. Saya mendapatkan beasiswa MEXT untuk study S3 di Hokudai. Apakah ada batasan pendapatan / beasiswa agar bisa diterima CoE nya ?
    Terima kasih
    Salam,
    Donny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Salam kenal jg mas Donny. Setau saya tidak ada batasan pendapatan (nilai beasiswa) utk mendapatkan CoE. Sebagai mahasiswa yg mendapatkan beasiswa, kita diminta utk melampirkan nilai beasiswa, spt contoh gambar di atas. Dalam kasus saya, sy jg penerima beasiswa MEXT. Jd InsyaAllah gak masalah.

      Delete
  13. Assalamu'alaikum Mas Tomy,
    Saya Mun'im, penerima beasiswa IMF.
    Saya ada 2 pertanyaan, mohon bantuannya Mas Tomy,
    1. Rencananya saya akan mengajak isti saya di bulan desember. Apakah istri saya perlu membeli tiket pesawat dulu, soalnya kalo gak salah ada pertanyaan perkiraan kedatangan di form CoE nya.

    2. Utk surat keterangan tempat tinggal, apakah itu sama dengan registration card Mas?

    Mohon bantuannya Mas, terma kasih sebelumnya.

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.. Salam kenal jg Mas Mun'im. Untuk pertanyaan no.1, kita harus ada jadwal kedatangan, tidak harus beli tiket. Klo di agen2 penerbangan, hanya booking dulu saja bisa, tidak harus langsung issued. Pertanyaan no.2 agak ambigu. Alamatnya memang biasanya sama dengan yg di resident card, tapi kita harus punya surat keterangan tempat tinggal khusus, yg warna hijau

      Delete
  14. mas mau tanya suami saya sdh diterima kerja diperusahaan jepang...tetapi saat pembuatan coe ditolak ktany ada prbdaan data cv sma saat dlu magang dijepang...apa bsa mngajukan lgi?brpa lama bsa mngjukan ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kurang tau kalau kasusnya seperti itu. Kalau diajukan lagi, menurut sy, boleh-boleh saja. Karena pernah ada teman yg mengajukan lebih dari 1 kali..

      Delete
  15. sebelumnya perkenalkan nama saya khabib febriyanto. Bulan desember saya mau kerja di jepang lewat salah satu lpk swasta. untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan saya mau menanyakan bagaimana cara mengecek CEO itu asli atau tidak. sebelumnya trimakash atas jawabannya. tolong bisa email saya di nyitnyit838@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy tidak tau bagaimana mengecek COE itu asli atau tidak. Ini contoh CoE punya keluarga sy: https://1.bp.blogspot.com/-p7kdB621Tj4/UuOzIZo_IeI/AAAAAAAABdY/8TaYf9BI5_0/s1600/CoE+selesai.JPG

      Delete
  16. Assalamualaikum
    Pak surat keterangan tempat tinggal harus ya? Saya tidak menemukan di persyaratan websitenya.

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum
    Pak saya mau tanya, saya tidak menemukan surat keterangan tempat tinggal di persyaratan dokumen di websitenya. Apakah harus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.
      Tahun 2013, setau saya wajib. Mungkin aturannya sudah berubah di tahun 2017, jika di web memang tidak tertulis wajib surat keterangan tempat tinggal.

      Delete
  18. Hi.
    Saya Linda. Apakah bisa mengajukan COE untuk anak tiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau kalau anak tiri. Bisa dicoba baca di sini: http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/01.html

      Delete
  19. Salam, saya Endah. Apakah suami saya bisa mengurus COE untuk saya? Sehingga saya bisa tinggal di jepang sampai masa kerja suami saya selesai? Terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Orang lain bisa mengurus COE untuk keluarganya. Tapi, apakah COE-nya diterbitkan atau tidak, itu tergantung dari pihak imigrasi Jepangnya.

      Delete
  20. Assalamualaikum Mas Tomnmy,.

    Salam Kenal,

    Bagaimana cara untuk mengurus CEO bagi Pekerja yg ingin dikirim ke jepang?.,
    Mohon Informasinya mas.,

    Persyaratannya apa saja ya untuk itu.,

    Terima Kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam.. Kalau untuk pekerja kurang tau detailnya. Tapi bisa coba baca di sini: http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/01.html

      Delete
  21. Assalamualaikum Mas Tomnmy,.

    Salam Kenal,

    Bagaimana cara untuk mengurus CEO bagi Pekerja yg ingin dikirim ke jepang?.,
    Mohon Informasinya mas.,

    Persyaratannya apa saja ya untuk itu.,

    Terima Kasih,

    ReplyDelete
  22. Selamat siang mas..sy mau tnya kenapa coe saya sudah hmpir 3bln blm keluar ya?pdhl tmn2 sya mengajukan ga sampe 3bln sdh jdi.prnh sy cb tlp imigrasi jwbnya cma tunggu saja nnt dikirim.klo bgtu itu tnda coe saya jd/tidak ya?t

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf boleh tau kelanjutannya apakah akhirnya mendapatkan coe tersebut apa tidak kasus nya sama seperti saya sudah pengajuan kurang lebih sudah 10 bulan sampai saat tidak belum keluar apakah ditolak apa bagaimana ya terimakasih

      Delete
  23. ingin bertanya dunk,
    membuat coe ini sebenarnya kena biaya tidak sih? soalnya saya lihat di websitenya tidak ada list biaya sama sekali hanya ada masalah prosedur pembuatan saja. biaya yg saya maksudkan spt pada visa dan paspor di websitenya kan ada jelas biaya administrasinya dari pemerintah.

    ReplyDelete