Memory of My Journey: Perjalanan Dari dan Ke Jakarta - Tasikmalaya

, , 43 comments
Bismillaahirrohmmaanirrohiim

Setelah membaca buku tentang traveling selama perjalanan dari Tasikmalaya ke Jakarta, Saya jadi terinspirasi untuk menulis pengalaman bolak-balik Jakarta-Tasikmalaya Saya, yang sudah berlangsung selama 3 bulan (Juni-Agustus 2013, lama juga ya ^_^). Setiap minggunya selama hampir kurang-lebih 3 bulan saya bolak-balik Jakarta-Tasikmalaya untuk menjenguk istri dan anak saya. Berbagai kendaraan sudah saya coba, baik kendaraan umum maupun prbadi. Semoga share pengalaman ini bermanfaat bagi yang ingin berlibur atau sekedar jalan-jalan ke Tasikmalaya. 

Kereta Api Serayu: Jalur “Anti Mabok” dan Pemandangan yang Indah
Jika anda ingin pergi ke Tasikmalaya dengan jalur “anti mabok” serta pemandangan yang indah, maka kereta api adalah pilihannya. Jalur ini disebut jalur “anti mabok” karena dengan menggunakan kereta api, jalan berliku melewati jalur darat di Tasikmalaya jadi tidak terasa. Istri saya paling suka jalur ini, karena selama dia ke Tasikmalaya, jalur kereta api inilah yang paling dia nikmati. Selain bebas mabok, jalur ini juga memiliki pemandangan yang indah. Jalur selatan kereta api memang indah, karena membelah pegunungan di daerah Jawa Barat. Coba saja sendiri jika tidak percaya.



Gambar Kereta Api Serayu 
(sumber: FB Kereta Api Serayu/Cipuja)

Awalnya saya tidak tahu kalau ada kereta yang memiliki rute Jakarta-Tasikmalaya. Berbekal browsing di internet ternyata ada kereta yang melalui rute Jakarta-Tasikmalaya. Kereta Serayu namanya. Sebenarnya kereta ini adalah kereta dari Jakarta menuju Kroya (Cilacap). Tapi berhubung kereta ini merupakan satu-satunya yang melewati kota Tasikmalaya dari Jakarta, maka kereta inilah satu-satunya pilihan. 

Kereta Serayu memiliki 2 jenis keberangkatan. Kereta Serayu Pagi dan Serayu Malam. Kereta Serayu Pagi berangkat jam 09.00 dari Jakarta dan sampai Tasikmalaya jam 15.31. Sedangkan Kereta Serayu Malam berangkat malam hari jam 21.00 dari Jakarta dan tiba di Tasikmalaya jam 03.33. Jadi total perjalanan sekitar 6,5 jam. Perjalanan ini tergolong relatif cepat, jika dibandingkan dengan jalur Bus yang tergantung oleh macetnya jalan. 

Dari segi harga, (sebelum harga tiket naik) kereta ini merupakan kendaraan paling murah. Pada bulan Juni 2013, harga Kereta Serayu Pagi/Malam dengan kelas ekonomi harganya hanya Rp 25 ribu (Bandingkan dengan Bus yang harganya Rp 40-50 ribu). Seiring meningkatnya kualitas kereta api, mulai Juli 2013 Kereta Api Serayu ini dipasang AC (ekonomi-AC). Otomatis harga tiketpun naik menjadi Rp 60 ribu. Tahun 2016, harga tiket sudah naik menjadi Rp 70 ribu.



Suasana di dalam gerbong kereta Serayu (Ekonomi-AC) 

Untuk pesan tiketnya pun tidak perlu repot, bisa beli online (tiket.com, kereta-api.co.id, tiketkai.com) atau beli langsung di stasiun terdekat dan juga bisa dibeli di toko retail Indomaret. Harga ini menurut saya cukup logis, karena harga bus ke Tasikmalaya dari Jakarta kurang lebih juga sekitar Rp 60 ribu (tahun 2013). Untuk waktu pesannya, biasanya saya pesan 3-5 hari sebelum berangkat, tapi kalau saya lihat di Stasiun Jakarta Kota banyak orang yang pesan di hari-H tetap dapat tiket. Pada tahun 2016, stasiun awal pindah ke Stasiun Pasar Senin, bukan di Stasiun Jakarta Kota lagi.

Berikut jadwal kereta Serayu tahun 2016 (sumber: stasiunbandung.com)

Walaupun saya sangat senang naik kereta api untuk pergi ke Tasikmalaya, akan tetapi ada kekurangan dari jalur ini. Kekurangannya yaitu waktunya yang tidak fleksibel karena sudah terjadwal. Kita hanya bisa berangkat pada dua waktu, yaitu pagi dan malam hari. Sehingga jika ada hal yang mendesak, maka kita tidak bisa naik kapanpun waktunya. Selain itu, kereta api ini hanya berhenti di stasiun Tasikmalaya, yang secara geografis berada di pusat kota Tasikmalaya. Bagi yang kebetulan daerah tujuannya berada jauh dari pusat kota, maka ini merupakan kendala tersendiri. 

Tips naik kereta api Serayu: “Sedikit tips dari saya. Jika ingin dapat kursi yang enak, maka pesan kursi dengan huruf D atau E, misal 9D atau 9E. Karena bangku kereta AC-Ekonomi ini, berformasi 3-2, dimana ABC satu bangku dan DE juga satu bangku. Maka lebih enak pilih yang hanya 1 bangku 2 orang, ketimbang 1 bangku 3 orang. Kalau mau lebih enak lagi, pesan nomor ganjil untuk berangkat ke Tasikmalaya (misal, nomor 9D atau 9E), karena akan searah dengan jalannya kereta (tidak duduk membelakangi arah kereta yang kadang malah membuat kita pusing). Sebaliknya pesan nomor genap untuk pulang ke Jakarta”

Bus Budiman dan Primajasa: Jalur Mudah dan Fleksible
Bus merupakan kendaraan yang populer untuk ke Tasikmalaya. Jalur ini saya sebut jalur yang mudah dan fleksible. Kalau naik kereta, kita tidak bisa fleksible waktu dan tempat. Kalau bus, kita bisa mengatur tempat dan waktu sesuai dengan kehendak kita.

Bus yang paling terkenal ke Tasikmalaya ada dua. Bus Budiman dan Primajasa. Bus Budiman bisa naik di Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), Bekasi, Depok, Bogor. Pengalaman saya, yang paling banyak bus-nya ada di terminal kampung rambutan. Hampir setiap satu jam ada jadwal keberangkatan. Sedangkan di Depok dan Bekasi, biasanya hanya berangkat pagi (jam 5 sampai jam 8 pagi), dan sore-malam (5 sore sampai 8 malam). Jadi kalau siang tidak ada. Sedangkan Bus Primajasa bisa naik dari Terminal Kampung Rambutan dan juga bisa dari Pool Primajasa di Cililitan. Baik di pool maupun di terminal kampung rambutan busnya ada hampir setiap jam.

Kalau ditanya pilih bus yang mana. Budiman lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitas busnya. Eksekutif semua. Bahkan ada yang super eksekutif dengan harga yang berbeda pula. Primajasa, lebih murah dengan kualitas yang sebanding dengan harganya. Biasanya, saya pilih Budiman kalau ingin perjalanan nyaman dan santai. Kalau primajasa saya pilih karena bus budimannya jarang lewat :). Bagi orang yang terbiasa naik primajasa, mungkin enaknya bus ini bisa turun di sembarang tempat. Bahkan di tol pun, bus ini bisa menaikkan dan menurunkan penumpang. Sakti sekali kan bus ini.. Tapi saya malah keganggu kalau lagi enak-enak tidur dan bus sedang di tol, trus tiba-tiba berhenti buat turunin-naikin penumpang.

Alternatif lain: 
1. Kereta Transit Stasiun Bandung
Alternatif lain, kalau ingin naik kereta,  tetapi sudah kehabisan tiket Kereta Serayu, bisa naik kereta lain. Prinsipnya, naik kereta yang ke arah Stasiun Bandung, seperti Argo Parahyangan. Kemudian dilanjutkan, dari Stasiun Bandung ke Stasiun Tasikmalaya, seperti naik Kereta Malabar tujuan akhir Malang. 
Dari segi harga, naik kereta transit seperti ini sangat mahal. Total bisa menghabiskan sekitar 300 ribu rupiah. Akan tetapi, hal ini masih lebih baik dari pada bermacet-macet ria di jalanan ketika musim libur lebaran tiba.

2. Pesawat
Kalau butuh cepat sampai Tasikmalaya, pilihan lainnya yaitu naik Pesawat. Bandara Wiriadinata Tasikmalaya sudah dibuka sejak 2017. Untuk biayanya, harga tiket pesawat berkisar 600 ribu rupiah. Dengan jadwal penerbangan 1 kali sehari.

3. Travel
Untuk travel, saya belum pernah coba. Yang pasti harganya lebih mahal dari bus dan kereta. Saya pernah lihat di Cipaganti Travel, total sekitar 200 ribuan.

-------------------------------

Semoga pengalaman saya di atas bermanfaat bagi yang ingin melakukan perjalanan Jakarta - Tasikmalaya menggunakan kendaraan umum. Pesan sponsor: Kalau sudah sampai Tasik, jangan lupa berkunjung ke tempat makan miebaso punya mertua di Cidahu, Tasikmalaya. Berikut link google mapsnya: miebaso heroy google maps. :)

43 comments:

  1. Thanks infonya
    Bang... Klo mau balik ke Jakata nya naik dari stasiun apa? Jadwal keberangkatannya jam brp aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naiknya cuma bisa dari stasiun Tasikmalaya, tidak bisa di stasiun kecil semacam stasiun Rajapolah atau Indihiang. Utk jadwalnya, kalau tidak salah tersedia hanya 2 pilihan pagi (9.30) dan malam (21.30). Mungkin jadwal ini sudah berubah, karena saya sudah lama tidak naik kereta Serayu lagi semenjak istri sudah tidak di Tasik.

      Delete
  2. dari stasiu tasik kalau mau ke rajapolah naik apa?

    ReplyDelete
  3. dari stasiu tasik kalau mau ke rajapolah naik apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik angkot 2 kali. Kalo gak salah, naik 05 dari lampu merah dekat stasiun. Trus nanti berhenti di SMP. Lanjut naik angkot pedesaan ke arah terminal rajapolah.

      Delete
  4. Klo mau ke ciheras kalau dari jakarta gimana caranya?

    ReplyDelete
  5. ada bis langsung Jakarta-Karang Nunggal. Nanti lanjut ke Ciheras. atau kalau dari terminal Tasik naik jurusan Cipatujah

    ReplyDelete
  6. Kalau mau ke daerah ciawi dr stasiun tasikmalaya naik apa ya?trims

    ReplyDelete
  7. naik elf yg ke bdg banyak,aa..... lewat itu ciawi...

    ReplyDelete
  8. Kalo mau kejakarta dari stasiun manonjaya bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang Tau. Tapi bisa ditanyakan ke penjual tiketnya, misal beli di Indomar*t bisa ditanya di kasirnya, apakah bisa diklik sta. manonjaya ke sta. jakarta kota. Kalau bisa diklik, berarti bisa lewat sana.

      Delete
  9. knapa serayu pgi gak berhenti di ciawi bisanya di tasik. kalo dri tsik mau ke ciawi harus naik Elf jurusan bndung. ongkosnya kira2 berapa. emang hrus naik Elf. gak ada aNgkot ke ciawi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena Sta. Ciawi bukan statiun besar seperti Sta. Tasik.
      Alternatif lainnya, bisa naik angkot 2 kali. Kalo gak salah, naik 05 dari lampu merah dekat stasiun. Trus nanti berhenti di SMP. Lanjut naik angkot pedesaan ke arah terminal rajapolah/terminal ciawi.

      Delete
  10. Mas, kalau pesan via online, searchnya jakarta kota-tasikmalaya atau jakarta kota-purwokerto?
    saya lihat di situs resmi KAI gak nemu. nemunya tujuan purwokerto dan harganya diatas 100rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tiket pada tanggal yang mau dipesan, tiketnya sudah habis. Coba ganti tanggal pemesanannya.

      Delete
  11. kalo naik bus, perjalanan nya brp jam ya dr kp.rambutan ke tasik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalannya sekitar 6 jam kalau lancar. Kalau macet bisa 7-8 jam.

      Delete
  12. Kang, kebetulan saat ini saya berdomisili di Bekasi, apakah kalau saya mau ke tasik, bisa naik dari stasiun KA Bekasi? mohon pencerahannya Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, untuk berangkat tidak bisa Kang. Kecuali untuk arah balik, dari Tasik-Bekasi baru bisa.
      Bisa dicoba-coba, dimasukkan sendiri nama stasiunnya di online tiket, utk tahu stasiunnya bisa disinggahi atau tidak: http://en.tiket.com/kereta-api/ka-serayu-pagi
      atau
      lihat jadwalnya di link ini: http://www.train.web.id/2015/04/jadwal-dan-harga-tiket-ka-serayu.html

      Delete
  13. Terima Kasih infonya Kang Tomy :)
    eniwei,ada kereta eksekutif ga ya ke tasikmalaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari langsung dari Jakarta tidak ada yg Eksekutif. Tapi kalau nyambung, Jakarta-Bandung (Argo Parahyangan), trus ganti kereta Bandung-Tasikmalaya (Malabar) itu ada yg Eksekutif.

      Delete
  14. Kalau dari stasiun tasik mau ke gunung galunggung naik apa kang? brp tarifnya? mohon infonya, nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau Kang kalau ke Gunung Galunggung naik angkutan umum. Kalau mau keluar ongkos lebih, bisa naik taksi atau mobil charter ke sana.

      Delete
  15. Terima kasih buat tulisannya, bermanfaat

    gak sabar mau ke tasik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome.. Kalau ke Tasik, jangan lupa coba mie baso khas Tasik ya :)

      Delete
  16. Assalamualaikum wrwb..

    Mohon infonya kalau dari terminal tasikmalaya mau ke Pesantren Suryalaya naik angkutan apa ya?..

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum wrwb..

    Mohon infonya kalau dari terminal tasikmalaya mau ke Pesantren Suryalaya naik angkutan apa ya?..

    ReplyDelete
  18. Klo jalan2 ke berbagai tempat wisata di Tasikmalaya, apakah bs naik trasportasi umum spt angkot atau hrs pakai motor/kendaraan pribadi ? Saya ada rencana mau ke Tasik naik angkot. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wisata di daerah yang sudah padat penduduk, seperti Rajapolah, maka bisa naik angkot.

      Delete
  19. mas mau tanya. kalo mau ke kampung gajah dari stasiun tasikmalaya jauh tidak ya ?lalu naik apa ya ? lalu kalo ojek atau taksi ada kah bila sudah sore ? soalnya saya mau ke tasik sampai sana sore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau posisi Kampung Gajah dimana. Kalau taksi di stasiun Tasik, ada sampai sore.

      Delete
  20. Mas saya pertama kali akan mudik 2017 ke tasik dari jakarta, mohon infonya kalo dari stasiun tasik ke singaparna atau cikurubuk naik angkutan nomor berapa aja ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Klo dr stasiun tasik mau ke kec.jatiwaras tasik selatan transport umum apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kurang tau jalur transport umum. Kalau mau taksi atau carter mobil, di stasiun ada.

      Delete
  22. Mas mau nanya kalo dari stasiun Tasik ke Asia plaza naik nya apa yaa? Kira2 ongkosnya brp? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik angkot bisa naik becak juga bisa. Ongkosnya kurang tau.

      Delete
  23. Kang numpang tanya, kalo nyangkut motor ke tasik pake kereta berapa dan bagaimana atuh?

    ReplyDelete
  24. dari dl pengen nyoba mudik pakai kereta, tp belum jadi2.. ada pencerahan stelah baca blog ini.. numpang tanya kang, brati kl mau ke tasik sekarang dr stat. senen ya ? berhenti di ciawi ga keretanya ?? kl buat 4 orang pengen depan2n, baik'a pilih seat'a gmn ? hatur nuhun..

    ReplyDelete
  25. Asslm, kang kl dr sta Tasik mau ke pesantren Suryalaya naik apa ya?

    ReplyDelete
  26. saya ingin jualan kain, dari tasikmalaya ke bali pakai kereta ekonomi naik kereta malam jam berapa yah???

    ReplyDelete