Penjelasan Dasar Waveguide Optic (Pandu Gelombang Optik)

, , 3 comments

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang Waveguide Optic. Padahal  sudah cukup banyak aplikasi yang memanfaatkan struktur Waveguide Optic, seperti kabel serat optik, Electroabsorbtion Modulation (EAM), dll.

Secara harfiah, makna dari Waveguide Optic (Pandu Gelombang Optik) adalah struktur fisik yang memandu gelombang elektromagnetik dalam spektrum optik. Berikut Gambar contoh Waveguide Optic yang berupa Electroabsorbtion Modulation (EAM).


Gambar-1. Contoh Waveguide Optic


Waveguides optic dapat diklasifikasikan menurut geometri (planar, strip, atau fiber waveguides), mode struktur (single-mode, multi-mode), distribusi indeks bias (step-indeks atau gradien indeks) dan material (kaca, polimer, semikonduktor).

Untuk penjelasan lebih lanjut, tunggu postingan selanjutnya ya.. Oia, kalau ada yang mau komentar (baca : komentarnya yang membangun ya..) untuk postingan-postingan saya, silahkan tulis dibawah.


3 comments:

  1. Maaf, apa ada informasi lebih detailnya?

    ReplyDelete
  2. masih da penjelasan lebih ga? jgn sepotong2!!

    ReplyDelete
  3. Maaf, belum ada penjelasan lebih lanjut.
    Mungkin link ini bisa berguna : http://www.natcoresolar.com/portal/index.php?option=com_content&view=article&id=47&Itemid=72

    ReplyDelete