Review Raket Victor BraveSword 10 (BS10)

, , 19 comments
Bismillah..

Semoga review tentang raket victor BS10 ini bermanfaat, baik bagi yg ingin punya maupun yg masih membanding - bandingkan raket yg akan dibeli (baca: racun mode on).


CATATAN KECIL VICTOR BRAVE SWORD 10

Pencarian saya untuk raket dengan kategori Speed n Power berikutnya membawa saya pada raket ini......

Raket;
Victor BraveSword 10
Spek;
Berat kosong 86 gr
BP kosong 29,3 cm, BP senar + grip asli 30 cm, BP akhir (senar + grip asli lepas + 2X over grip G-09 Elite RKEP)= 28,5 cm
Senar Yonex BG 66 tarikan 25/27 lbs simpul 2.
Waktu test 11/10/2010 s/d 21/10/2010.± 8 X game
Level pemain dan lawan; Recreational player

Waktu Pemanasan
Diawali dg pukulan clear/lob2 ringan untuk mencari feel raket,...YUP! raket ini memang ringan namun mantap...sesolid yonex NS9900, raket juga sangat stabil dan mudah dihandle.
Demikian juga ketika dicoba pukulan lob back to back...tanpa terlalu menguras tenaga bola sudah bisa jauh ke belakang hingga base line (faktor pola rajutan jg ada pengaruhnya disini)
Swing raket sangat cepat, jadi buat yg belum biasa perlu adaptasi dan karena kebetulan saya sudah biasa pakai BS09 dan BS11 sebelumnya maka mudah buat saya untuk menemukan momentum yg pas.
Area Sweatspot sangat besar, jadi mudah buat kita untuk mendapatkan pukulan yg mantap, serta bila miss hit sekalipun pukulan yg dihasilkan tidak terlalu jelek....benar2 raket yg 'forgiving'.......tidak lupa.... suara desisan/ siulan khas seri BS tetap terdengar kala frame raket membelah udara.
So Far So Good......:)

Waktu Permainan
Akhirnya waktu buat membuktikan perfoma BS10 pun tiba.....dari beberapa kali test inilah hasilnya menurut saya;

MANUVER
WOW!!
Menurut saya raket ini sangat cepat dan akurat. Drive, Chop, Blocking bola setengah dan untuk cegat bola didepan net dg teknik whiping/diusap akan suka dan pasti jatuh cinta dg raket ini.
Manuver defense juga Superb!, demikian juga dengan Counter Attacknya; bola hasil smash tidak hanya bisa dikembalikan mudah dan jauh ke belakang atau tempat kosong namun bisa juga deras dan terarah ke badan lawan.
Jadi untuk sektor ini BS10 selevel dg NS9900.
o...ia, pendapat saya ttg manuver dan adaptasi yg sulit spt yg dikeluhkan ttg raket BS10 ini analisanya sbb; pada NS 9900 dihasilkan dari berat raket kosong 90 gr dg BP cenderung head light sementara pada BS 10 dihasilkan dari raket dg berat kosong 86 gr dg BP moderat head heavy plus teknologi BS pada framenya.
Nah.....jadi kadang bagi yg belum terbiasa dg ini akan menjadi kendala untuk mendapatkan momentum pukulan yg pas pada raket BS 10 dan sementara kebanyakan orang akan lebih mudah adaptasi hal yg satu ini dg NS9900.

POWER
u/ power smash yg dihasilkan mantap namun masih kalah dari BS 11, tapi smash yg dilakukan berulang lebih mudah dan tanpa terlalu menguras tenaga dibanding dg BS 11.
Dibanding dg NS9900 power smash yg dihasilkan BS10 lebih besar dan lebih mudah untuk menggenerate-nya daripada NS9900.

FEEL
Sangat solid, tidak ada getar sama sekali walau diperlakukan secara maksimal dan yg terpenting raket sangat nyaman sekali dipake, Mixture antara tingkat Stiffnes dan BP raket yg moderat Head Heavy menjadikan perpaduan yg PAS!,...dan belum pernah saya temukan di raket2 yg lain sebelumnya.

KONTROL
Dropshot, Placing, Netting dapat dilakukan dg mudah dan akurat,..bola seakan nurut dg keinginan kita dan dapat saya pastikan ini hasil dari shaft-nya yg kaku.
Hal yg sama saya temukan di NS9900 dan untuk hal ini BS 11 harus mengaku kalah pada 'saudara' nya.

KOSMETIK
Kalau dulu pernah saya sebut BS 11 Cantik, .....nah yg ini ya...Ganteng :) Skema warna sederhana namun elegan dan maskulin.
kelemahan BS 10 yakni cat yg sering terkelupas walau hanya miss hit.

Berikutnya, saya coba bandingkan ke 3 raket tersebut menurut Versi saya;
RAKET ; MANUVER; POWER; FEEL; KONTROL; KOSMETIK
BS 10 ; 9,5 ; 9,25 - ; 9,5 ; 9,25 ; 9,25
BS 11 ; 9,5 - ; 9,25 ; 9 ; 9 ; 9
NS9900 ; 9,5 ; 9 ; 9 ; 9,25 ; 9

SO,........sejauh ini, sekali lagi menurut saya; inilah raket dengan kategori Speed N Power yg sesungguhnya untuk double player.
MY GO TO RACKET :)

KESIMPULAN
Seperti biasa, satu hal yg terpenting,...ini bukanlah menjadi kesimpulan akhir dan bukan berarti raket ini menjadi yg terbaik.
Pemilihan raket tetap mengedepankan unsur "kecocokan" baik itu berdasar gaya permainan atau kondisi masing2 individu.
Dan semua hal diatas murni berdasarkan pendapat pribadi dari seorang nubitol dg kemampuan cuma recreational player untuk sekedar bisa Share Informasi.
Jadi hasil akhir berbeda bisa saja dan sangat mungkin terjadi......No Offense plis dan semoga bisa bermanfaat :) :)

salam tepoKBulu

(Credit to : Suhu Dewarata [http://tepokbulu.com/forum/member.php?u=52/dewarata])

19 comments:

  1. Tambahan Review

    akhirnya setelah sembuh dari sakit kemaren sore sempat juga nyoba juga nih raket
    BS10 3UG2 setara dengan Yonex G5
    senar Polyfibre Sensicore M5 tarikan main / cross 26/28 digital

    ini raket memang raket speed dengan bonus power
    memang terasa stiff banget sehingga lecutan khas raket flex tidak terasa
    bahkan BS11 yang sedikit lebih flex masih sedikit berasa lecutan dari shaft

    tapi setelah adaptasi dan mengingat kembali apa yang pernah dikatakan oleh para master dan suhu FTB yang pernah duluan pake ni raket harus sedikit dilecut pake wrist / pergelangan tangan bukan pake ankle / pergelangan kaki
    akhirnya powernya keluar juga cukup dahsyat juga sampai saya kagum dan terkesima

    kalo soal speed memang tidak ada duanya bahkan saudara kandungnya BS11 pun harus ngalah dari suhengnya / kakak seperguruannya
    jika dibanding dengan AB33 speed masih lebih unggul BS10 karena shaftnya lebih stiff dan frame bentuk diamond shaped dan frame profilenya lancip dan tajam sehingga aerodinamis membelah angin
    walaupun beratnya lebih daripada AB33 dan lebih head heavy daripada AB33 tapi speed tetap lebih unggul BS10 karena alasan di atas
    AB33 hanya mengandalkan bobot yang ringan saja tapi bentuk frame agak lebar dan profile frame tidak aerodinamis sehingga dalam ayunan kecepatan tinggi coefisien drag atau daya hambat anginnya kalah dengan BS10
    AB33 pun kurang dari segi power karena bobotnya lebih ringan dan kalah head heavy daripada BS10

    memang harga ngak bisa bohong 1 banding 3 atau bahkan 1 banding 4 !!!
    ada rupa ada harga
    atau ada harga ada rupa
    high speed tapi power tidak kedodoran (sedikit di bawah SW35)

    BS10 untuk adu drive dan counter attack memang yahud
    dalam tempo permainan yang cepat seperti dalam Men's Double inilah senjata yang bisa diandalkan dan HIGHLY RECOMMENDED

    (Credit to : Suhu Jump Smash [http://tepokbulu.com/forum/member.php/jump_smash])

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mas. Aku rencana mo beli BS 09..gimana ada reviewnya gak klo dibangkan dgn BS 10?

    ReplyDelete
  3. Mungkin ini bisa membantu..

    BS11; menurut saya BS09 yg dinaikkan tingkat stiffnesnya, sehingga menjadikannya raket yang powerfull dengan manuver cepat sekali (belum superb). Namun u/ mengeluarkan potensinya itu diperlukan power yg besar pula,....

    Nah ini yg sering menjadi kendala buat saya u/ memainkannya....soalnya jarang banget punya stamina fit.....:)

    Jadi BS11 merupakan raket buat type allround ke arah ofense dg rapid attacking sebagai andalan (macam; smash bertubi yg cepat, keras dan terarah) juga raket counter attack yg bagus karena manuvernya yg termasuk cepat sekali.

    Bila dicompare dg AS8DX; menurut saya,...meski sama2 masuk di kategori allround ofense, BS11 lebih kecil power yg dihasilkan (walau tidak terlalu besar bedanya),...namun u/ keluarkan power tsb lebih mudah pada BS11,...sementara u/ speed atau manuver AS8DX harus mengakui keunggulan BS11 :)

    sementara..........

    BS10; nyaris perfecto......ini lebih dikarenakan; cocok saja dg apa yg saya cari selama ini...raket dengan manuver superb dan cukup powerfull.
    Dan memang benar,...seperti yg disebutin sama rekan2 bahwa u/ mengeluarkan potensi diatas penggunaan wrist menjadi keharusan.
    Jadi bila bro senang maen di depan dg bola bola cepat baik itu drive, chop, potong maupun blocking dan sesekali saja melakukan pukulan clear/lob atau smash bahkan rapid smash....raket ini akan membuktikan dirinya sebagai yg terbaik,....sejauh ini :)

    sebagai nubitol baru itu yg bisa dapat dari kedua raket seri BS ini,......

    (Credit to : Suhu Dewarata [http://tepokbulu.com/forum/member.php?u=52/dewarata])

    ReplyDelete
  4. Trima kasih banyak atas reviewnya.

    ReplyDelete
  5. Tambahan Review (lagi)..
    ====================

    Setelah absen beberapa sesi latihan karena sakit, baru Sabtu kemarin bisa kembali 'merumput' sekaligus menjajal senjata baru: Victor Bravesword 10

    Spec:
    Victor Bravesword 10 (ID) - 3UG2
    VS-850; v:25, h:27 lbs
    GOSEN Towel grip

    shuttle: ROCKET / Roket? (ada yang tau merk ini?)

    Kesan pertama...
    Ringan.. ya, raket ini relatif ringan buat saya. Karena sebelum2nya saya selalu pakai raket all-around yang cenderung head-heavy: Cab-21, AT900T, Arc-7. Jadi BS-10 ini sepertinya adalah yang paling ringan di antara senior2nya

    Tepok-tepok (pemanasan)...
    Stiff..very stiff. Karena belum terbiasa, beberapa kali miss-hit terutama untuk pukulan back-hand. TAPI, clear shots sangat mudah. Repulsion cukup besar (pengaruh senar mungkin?) dan Sweet Spot juga cukup besar. Raket terasa solid. Tidak ada getaran sama sekali ketika membentur shuttle.

    The game...(double; skill level: intermediate)
    Key points:
    Manuver luar biasa cepat & lincah. Sangat cocok untuk tipe bermain drive cepat & bola serobot. Shuttle placement & control relatif akurat, dan mudah dilakukan. Pengembalian smash relatif mudah.

    Ini penting, yaitu WRIST POWER. Yup..extra-stiffness dari raket ini demands kekuatan pergelangan yang mumpuni. Atau, potensi raket ini tidak akan keluar. Terutama ketika berada di posisi belakang (menyerang); supaya tajam, smash2 harus dibantu pergelangan. Kalau tidak, smash yg dihasilkan akan cenderung mengambang / tanggung.

    Net shot, chop, drop-shot..tidak ada masalah, this racket delivers its best Btw, menurut saya raket ini sangat deadly ketika di depan2 net. Net kills dan serobotan relatif mudah dan sangat berbahaya ..akan berkurang bahayanya ketika raket ini mundur hehe..

    Kesimpulan...
    Sebuah raket Advanced yang punya potensi besar..tapi agak susah dijinakan. Sangat cocok untuk tipe bermain agresif yang mengutamakan kecepatan dan counter-attack dengan kekuatan pergelangan yang mumpuni dan footwork yang bagus, this racket is extremely deadly

    Tapi bagi yang lebih suka gebuk2an mungkin BS-10 kurang cocok; karena dari sisi power yang dihasilkan masih kalah dari raket2 head-heavy lainnya (perbandingan dengan AT900T).

    My current level of adaptation: 75%

    Sekian review awal dari nubie.
    Will update after nubie is fully-adapted with this racket

    disclaimer:
    nubie hanya pemain recreational dengan skill pas-pas an review di atas bedasarkan pengalaman pribadi.

    Salam tepok bulu :)

    (Credit to : Mr.I [http://www.tepokbulu.com/forum/member.php?u=59)

    ReplyDelete
  6. Tambahan Review (lagi)..
    ====================

    Mo ikutan sharing review pake BS10, yg akhirnya dieksekusi setelah jatuh cinta di mabar Buana-Cometa

    Brave Sword 10
    Frame : Ultra HM Graphite + Nano, diamon shape frame, super wave @ inside frame, isometric head shape.
    Shaft : Ultra HM Graphite Nano, advanced slim.
    Stiffness : Stiff shaft.
    Length : 675 mm.
    Weight : baik kosongan maupun dah pk senar, dll., gak diukur... krn gak punya timbangan ky broer jump_smash , yg jelas di spec.nya tertulis 3U.
    Grip : G2.
    BP : 294 mm (kosongan).
    BP dg senar, grip asli+plastiknya, plus over grip karet tipis Victor : 292 mm.
    String : YY NBG98 JP, main 26 lbs/cross 28 lbs, 4 simpul (mesin YY manual, di JJ Sport by Robby).

    Dipakai main bbrp kali di indoor & outdoor baik rally point 21 maupun 30 point no rally.
    Pengalaman raket sebelumnya NS9900.
    Level permainan so pasti recreational player, klo level beginner dibagi 4 level, sy kira2 di level 1 mo naik ke 2 beginner

    Waktu dipake pemanasan maupun saat game, raket ini spt sy prnh bilang sblmnya swing-nya enaaak bngt, buat sy terasa ringan, mirip NS9900... ini mnrt sy krn faktor stiffnes shaft-nya & frame design-nya yg aerodinamis, plus di-combine dg head heaviness yg pas..! Superb swing maneuver..!
    Utk clear lob baik forehand maupun backhand terasa effortless, gak perlu "ngoyo"/nguras tenaga (mungkin krn kombinasi senar yg enak bngt juga... salut buat mas Robby - JJ Sport... gak percuma rekomendasi dari oom indr4..!!!), dgn mudahnya lob2 bisa smp garis blkng lawan.
    Utk drive, krn manuver-nya yg oke maka enteng aja drive-nya baik backhand drive maupun forehand drive. Utk defense jg sama, enak bngt, ngembaliin smash lawan ngangkat smp tinggi/belakang jd berasa gampang krn swing-nya ringan.
    Buat dipake smash krn sy bisanya malah pake wrist jadinya malah berasa enak/mantap... lebih gampang utk generate power buat smash drpd NS9900..! tapi sy bukan hard hitter lho ya... jd jangan dibandingin ama broer jump_smash, dll..! Ini mantap versi saya yg sblm2nya merasa kurang mantap klo melakukan smash..!
    Klo buat netting & drop shot krn skill sy masih ecek2 sy gak bisa kasih komentar banyak, krn mnrt sy netting & drop shot itu lebih ke arah kematangan teknik (walaupun ada peran faktor senar jg), jd faktor raket kecil aja pengaruhnya... mnrt sy lho yaa..!

    Klo mo dibandingin ama bbrp raket yg pernah sy coba, maka berikut ini mnrt sy :
    Maneuver & Speed : AB33 > NS9900 >= AT800DEF 4U IP >= BS 10 > AT900P 4U JP (faktor berat raket pegang peranan di sini).
    Power : AT900P 4U JP > AT800DEF 4U IP = BS10 > NS9900 > AB33. (AT800DEF 4U IP utk smash 'generate' power-nya lebih gampang drpd BS10, tp hasil smash sama mnrt sy).

    Mnrt sy pribadi saingan terberatnya adalah AT800DEF 4U IP yg pernah sy coba. Overall performance-nya mirip2 aja di segala segi antara BS10 dg AT800DEF 4U IP, tapi yg belakangan rasanya rada lebih irit tenaga makainya (mungkin krn faktor berat raket : 3U banding 4U).

    Kesimpulan sy tetap seperti yg pernah sy bilang sblmnya, bhw BS 10 ini adalah raket Speed & Power yg oke punya..!!!

    Demikian yg dapat sy sampaikan. Sekedar berbagi pengalaman dari sy, jgn dipakai sbg acuan/patokan..!

    (Credit to : DeeJay[http://www.tepokbulu.com/forum/member.php?u=116])

    ReplyDelete
  7. bole komen victor sw 35? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Saya carikan dulu review victor SW 35-nya. Nanti kalau sudah ketemu sy posting deh di blog ini.

    ReplyDelete
  9. Salam Tepokbulu mas....ane rencana mw beli BS 10, tapi ane bingung ne....mana bagus antara BS10 dengan yonex carbonex 8 DX?
    trims before mas....

    ReplyDelete
  10. ups maaf mas salah ketik,,,yonex acsaber 8 DX maksudnya, hehehe

    ReplyDelete
  11. @anonymous:
    Ane pernah cobain 8DX sekali. Kayaknya mirip deh, sama2 stiff. [ane hitungannya masih nubie mainnya]

    Waktu itu ane milih BS10, karna harganya (1,5 tahun yg lalu) harganya lebih murah BS10 dibanding 8DX.

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. salam bultang mas,,,
    string untuk yang mantap untuk victor BS 10 apa ya?
    apakah vs-800 atau Vs-850?
    trims....

    ReplyDelete
    Replies
    1. BS10 sy, biasanya pake yonex NBG-98 atau pake BG-66.
      Senar dr victornya malah belum pernah dicoba. hehe..

      Delete
  13. SALAM TEPOKERS....
    SAYA BINGUNG MAS DENGAN PENYENARAN MANUAL DAN ELEKTRIK THD BS10
    JIKA MANUAL STRING VS850 DI TARIK BERAPA DAN JIKA ELEKTRIK BERAPA PULA?
    ADA YANG MENYARANKAN JIKA MANUAL SEBAIKNYA 28Lbs DAN JIKA ELEKTRIK 26 Lbs, MENURUT MAS GIMANA TUH...KARENA KTIKA SAYA SENARIN MENGGUNAKAN ELEKTRIK TENSION 26 Lbs, KOQ G TERASA YA POWERNYA?

    TRIMS ATAS JAWABANYA....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Iya, utk manual dan elektrik itu dibedakan, lebih besar yg manual biasanya.
      Utk masalah tidak ada power ketika ditarik 26 lbs, berarti tarikan senarnya 'masih' terlalu kuat utk ukuran agan. Biasanya agar powernya kuat, kita harus menarik senarnya lebih kecil (misalnya 24/25 lbs). Logika power dan tarikan senar ini seperti logika terbalik, kalau mau power keluar lebih mudah, maka tarikannya harus lebih kendur, begitu pula sebaliknya.

      Delete
  14. Salam tepokers....
    tanya mengenai victor BS10...
    aku sudah memiliki pedang BS10 yg direcom oleh rekan2,yang katanya raket tersebut mantabs abizz,,setelah kucoba untuk game koq powernya gak begitu mencengangkan yach,padahal senar yang terpasang VS850, 26lbs tensions...pertanyaanku
    1. apakah raket tersebut hanya untukpemain profesional?
    2. apakah tarikan stringnya terlalu kenceng atau sebaliknya?
    trims atas jawabanya mas.....

    ReplyDelete
  15. Sampai saat ini saya belum punya raket merk victor, entah kapan bisa punya tapi semoga saja ada yg ngasi atau mungkin suatu saat ganti raket buat maen di lapangan badminton..

    ReplyDelete