Ummi....

, , No Comments

Assalamu alaykum warohmatullahi wabarokatuh…


Ud Jumat lg boy…hari cepet bgt..
Td pagi gw lwtt patal senayan..alhamdulillah baru pagi ini gw ga ngantuk sama sekali..
Ditengah perjalanan sesenggukan aja kerjaan gw… sedih boy…
Sebelumnya gw nyanyi lagu ummi-nya sulis..berubung gw tau artinya..rada nyerep dah ke hati dikit..
Lama2 kok ada yg bergetar dari dalam dada..dan ada yg berat pd mata..
Ummi…ibu boy..
Gw ke inget emak gw..
Di syair..
Ada yg bunyina..”ummi ya ruhiy wa hayati..” ada juga “ismuqi man qusyun fi qolbi” (namamu terpatri dalam hatiku)..dlm hati gw oh pantes..kandang kita inget ama emak kita masing2..
Langsung gw keinget raut mukanya…keringetny kalo lagi cape..sedihnya kalo lagi sakit..ketawanya kalo lagi seneng..segala macam mimikny deh..ampe suaranya..bahkan omelannya pun keinget ama gw.
Tp yg ada makin sedih boy…makin kenceng gw nangis..gw ga bermaksud ni kaya muhasabah yg kita ud sering laksanain waktu SMA..yg nangis dibuat2..tp wallahi boy..gw nangis dgn sendiriny tanpa ada yg ngasi komando…

Boy..kita (gw khususnya) kadang sering lebay..kita mikirin diri kita mulu..ampe lupa ama sekitar kita.. emak kita salah satuny…di waktu subuh misalnya..itu lagi ngantuk2nya kita…dulu waktu kita masih tinggal serumah..kita masih tidur..emak kita ud bgn..kadang sempet kita denger apa yg dia doain waktu salat.. ttg KITA boy!!kita,,,
Itu gambaran aja,,betapa emak2 kita ngasi doa yg terbaik bwt kita..yg up to date…bener2 jujur dari dalam hatiny..ga kaya kita yg kadang Cuma sering bilang “ya ntar gw doain” tp lupa direalisasiin..Jaman2nya skripsi..”ya Allah mudahkan dan lancarkan skripsi anak saya..biar dia lulus dengan nilai yg bagus”
Trus waktu kita ngelamar kerja,”ya allah mudahkan,,anak saya dalam mendapatkan perkerjaan yg bagus..karirny lancar,,,yang sukses”..sayup2 diantara kita mudah2an ada yg pernah denger..
Kalo emak gw,, “ya allah sehatin anak kami…semoga sing lancar kuliahna..sing salamat di jalan” nyokap gw tau..gw dijalan suka tidur, sering nabrak makanya dia pengen gw selamat…
Tapi pernahkah kita sadar..seberapa sering kita doain emak kita..
kita bisa keluar negeri, bisa keluar pulau kerja disana, bisa S2..itu ga lepas dari usaha mereka..
waktu kita susah..jamanny sekolah..dia lebih susah..dia mentingin anak2nya dulu..ud bayaran belom, pas lagi sekolah kita sakit,,dia yg paling repot..dsb
dan balik sekarang..betapa jarang kita (gw khususnya) baca “allahuma fighrli wa liwalidayya…” jarang bgt boy…abis salat langsung kita sibuk dengan kerjaan masing..kalo pun doa..sedikit..dan itu kebanyakan untuk diri kita pribadi..
ya robbi..ud gila kali kita!!
kita bisa mencapai ini semua itu karena usaha mereka,,usaha mereka berpuluh-puluh tahun!!!tp bwt ngasi waktu yg kurang dari 1 menit bwt baca “allahuma fighrli wa liwalidayya…” kita malas,,kita lupa…langsung jalan kita..
ud gila kali kita..ud ga waras…hati kita ud terlalu keras ama dunia..
itu selama perjalan dari senayan-depok..bikin gw sedih boy..
tinggal satu atap,,tapi hatiny jauh,,jarang bgt kita ngobrol ama orangtua..jarang becanda ama mereka… atau yg lebih seriuslah..”mak ada masalah ga??” “mak sehat2 aja?”..jarang bgt,,,kalo pun ada dirumah..sekalinya kita ngomong..”mak jalan dulu ya…” (itu pun sembari jalan) ya allah ya robb... lebih seringny kita jarang ngobrol ma mereka..pdhl waktu kecil..24 jam mereka ngobrol ama kita..pdhl jelas2 mereka tau mereka gakan disautin (krn kita belum bisa bicara)..tp tetep aja mereka ngomong ama kita..gendong dsb..nah sekarang,,ud punya mulut..ud gede..tp kita jarang ngajak ngobrol mereka…
ya allah..ada yg salah ama kita..ada yg ga bener…
mungkin sebentar lagi kita nikah..tinggal ama istri anak kita,,makin kurang aja kesempatan ngobrol ama mereka… pdhl itu hari2 senja mereka,,mereka pengen ngobrol ama anak2nya yg dulu seirng diajak ngobrol…sebelum menutup mata meraka pastiny pengen bgt seakrab dulu… wlaupun itu sudah cukup diwakili oleh melihat kita yg sukses,,,liat dari jauh bahwa kita ud punya rumah..menantu cucuny sehat..ud senang mereka..insya allah..
nah kita??apakah kita sebagai anaknya sadar…jgn sampe kita jadi anak yg datang kerumah orangtua, cuma memeluk (itupun sekali-sekalinya) mereka hanya pada saat mereka lagi ditalqinin boy!! Jgn sampai…na’udzu billah..
gw tau..kita semua punya ibu2 terbaik,, maka kita berharap sama allah..untuk jadiin kita anak yg tau diri..jgn ampe kita durhaka tp kita ga nyadar,,,jgn ampe…
sekedar refleksi aja boy…di hari jumat…sayyidul ayyam..dan banyak bgt ini terjadi ama gw..gw optimis kita bisa jadi anak yg shaleh..dan kita kudu berusaha keras untuk dpt predikat itu.
nun jauh disana..ada orang tua kita…bapak ibu kita boy..yg kita wajib memberikan doa terbaik kita bwt mereka…
Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo



Assalamu alaykum warohmatullahi wabarokatuh…


(Credit to : Alfian Ferdiansyah [http://www.facebook.com/alfianferdiansyah/])

0 komentar:

Post a Comment