Memulai Bisnis Online Di Jepang (3): Kirim Paket di Kantor Pos Jepang

, , No Comments
Bismillah..
Tulisan ini adalah kelanjutan tulisan bertema memulai bisnis di Jepang
Mengirim paket di Jepang yang berukuran besar (lebih dari 3 cm tebalnya) bisa menggunakan berbagai pilihan jasa kurir. Jasa kurir yang terkenal di Jepang ada tiga yaitu Japan Post (Yu Bin), Sagawa dan Yamato. Kami sendiri lebih memilih menggunakan Japan Post (Kantor Pos) yang dikenal dengan nama Yu Pack. Pemilihan Yu Pack ini bukan tanpa alasan. Yu Pack dipilih karena lebih murah dibandingkan yang lain. Di Yu Pack, biaya kirimnya ditentukan bukan berdasarkan kota ke kota, tapi berdasarkan provinsi ke provinsi. Mungkin biar perhitungannya lebih mudah.

Sebagai contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah. Biaya pengiriman dari tempat kami, Shizuoka-ken ke prefecture lain.

http://www.post.japanpost.jp/service/you_pack/charge/ichiran/21.html

Ada keunikan lain dalam sistem pengiriman paket di Jepang. Kita bisa menentukan kapan barang sampai, bahkan samapi detail ke jam berapanya (walaupun ada range-nya juga :) ). Jam yang bisa ditentukan mulai dari Pagi hari (maksimum jam 12), jam 12-14, jam 14-16, jam 16-18, jam 18-20, dan jam 20-21. Jika kita tidak punya preference waktu, kita punya pilihan terserah pak pos :)
Umumnya, paket yang dikirim akan sampai dalam sehari. Tapi, jika barang yang dikirim untuk pagi hari, biasanya besok atau lusa pagi.

Form pengisian Yu Pack dimana kita bisa menentukan kapan nanti paket akan sampai di tujuan
Semoga bermanfaat
Hamamatsu, 27 Rajab 1436

0 komentar:

Post a Comment