RFID (Radio Frequency Identification)

, , No Comments
Menurut saya, salah deh, Menurut majalah ‘e Bizz Asia’ volume II No 20 – September 2004, RFID merupakan salah satu dari 10 teknologi yang akan berpengaruh di masa depan. Bahkan di China, pada bulan Oktober 2006, pemerintah China men-set up 863 proyek nasional yang berbasis RFID dengan total budget 128 juta RMB. Proyek-proyek ini memfokuskan pada RFID UHF anti-collusion, RFID Middleware, RFID public Service infrastructure, RFID Tag Design, RFID Test Technology,RFID information integration technology, RFID Industry, etc.Semuanya mempunyai total: 20 sub-project. Untuk aplikasi, ada 5 bidang yang diutamakan, yaitu: Post Industry, manufacturing product Line, Pelacakan bagi produk, Counterfeit of wine dan Untuk aplikasi invoice pada manajemen keuangan.

Sebenarnya apa sih RFID itu?

“RFID atau Radio Frequency Identification adalah sebuah metode identifikasi secara otomatis dengan menggunakan suatu piranti yang disebut RFID tag atau transponder

Prinsip kerja dari RFID yaitu menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan informasi atau data antara RFID tag dan RFID readernya, sehingga tidak memerlukan kontak fisik diantara keduanya untuk dapat berhubungan. Tidak diperlukannya kontak fisik inilah yang merupakan keunggulan utama dari RFID.

0 komentar:

Post a Comment