Pensinyalan Pada fixed telepon Menurut Teknik Pengirimannya

, , No Comments

Melanjutkan postingan sebelunya tentang pensinyalan, maka kali ini akan dibahas mengenai teknik pengiriman sinyalnya. Jika belum mengerti tentang pensinyalan klik dulu disini.

Pembagian sistem pensinyalan menurut teknik pengirimannya secara umum terbagi menjadi 2, yaitu sistem pensinyalan “Link by Link” dan “End to End”.


Sistem pensinyalan “Link by Link”

Link by link adalah model pensinyalan yang dilakukan sentral asal dengan sentral berikutnya secara penuh. Hal ini dilakukan secara terus menerus sampai pada sentral tujuan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah.

Karakteristik dari sistem pensinyalan ini yaitu lambat. Sistem lambat karena sentral transit baru dapat meneruskan setelah seluruh informasi diterima. Akan tetapi keuntungannya yaitu sentral awal tidak perlu mengetahui routing alternatif.


Sistem pensinyalan ”End to End”

End to End adalah model pensinyalan dimana sentral asal mengadakan hubungan langsung dengan sentral tujuan pada hubungan yang telah terbentuk melalui sentral-sentral transit. Signalling dengan sentral transit hanya sebatas untuk keperluan routing. Sentral transit segera dilepas setelah hubungan ke sentral berikutnya telah terbentuk. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah.

Karakteristik dari sistem pensinyalan ini yaitu lebih cepat. Sistem cepat karena setiap sentral hanya menerima informasi untuk sentral itu saja. Akan tetapi, sentral keluar harus terus memperhatikan routing alternatif.

Sumber: Diktat Jaringan Telekomunikasi, Bpk Hartono Haryadi.

0 komentar:

Post a Comment