3 Hal Yang Mulai Ditinggalkan Umat Islam

, , No Comments
Bismillah..



Ada tiga hal yang mulai ditinggalkan oleh umat Islam yaitu [1]:
1. Penanggalan Hijriah
2. Kemuliaan Hari Jumat
3. Bahasa Arab

1. Penanggalan Hijriah [2]
Penanggalan Hijriah mulai banyak dilupakan oleh umat muslim. Bahkan nama-nama dan urutan ke-12 bulan hijriah tersebut kadang masih sering lupa, jika dibandingkan dengan penanggalan Masehi. Padahal, Allah subhanahu wa ta'ala menyebutkan bulan-bulan yang berkaitan dengan ibadah, seperti puasa Ramadhan dan ibadah Haji, adalah dengan penanggalan Hijriah.

4 Bulan Haram
Sungguh Allah subhanahu wa ta'ala telah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Artinya:  "Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu." (At Taubah: 36)


Bulan haram yang telah disebutkan oleh Allah ta'ala pada ayat diatas adalah semakna dengan apa yang telah disebutkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang shahih,

إن الزمان قد استدار كهيئته يوم خلق الله السماوات والأرض ، السنة اثنا عشر شهرا ، منها أربعة حرم ، ثلاث متواليات : ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان

"Sesungguhnya zaman ini telah berjalan (berputar) sebagaimana perjalanan awalnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi, yang mana satu tahun itu ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram, tiga bulan yang (letaknya) berurutan, yaitu Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab Mudhar yang berada diantara Jumada (Akhir) dan Sya'ban."
(HR. Al Bukhari: 4385 dan Muslim: 1679)

Dalam hadits diatas, disebutkan secara terperinci apa saja bulan-bulan haram yang telah Allah sebutkan didalam ayatnya. Yaitu tiga bulan berurutan yang dimulai dari Bulan Dzul Qa'dah sampai bulan Muharram. Dan satu bulan yang terletak diantara bulan Jumada Akhir dan Sya'ban yaitu bulan Rajab.

Nama-nama Bulan Hijriah [3]
1. Muharram
2. Safar
3. Rabiul awal
4. Rabiul akhir
5. Jumadil awal
6. Jumadil akhir
7. Rajab
8. Sya'ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzulkaidah
12. Dzulhijjah

2. Kemuliaan Hari Jumat
Umat Islam dikelabuhi dengan berbagai hal terkait hari Jumat, salah satunya yang berkaitan dengan hari Jumat adalah hari yang menyeramkan. Sehingga dikenal dengan istilah malam Jumat kliwon, dst. Padahal, pada hari Jumat, Allah subhanahu wa ta'ala Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu pula Nabi Adam dicabut nyawanya, kiamat akan terjadi pada hari Jumat, manusia akan dibangkitkan pada hari Jumat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda,

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة

”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

3. Bahasa Arab
Sebagai bahasa al-Qur’an, bahasa Arab menjadi bahasa yang sangat penting bagi umat muslim. Sehingga sudah sepantasnya kita sebagai umat muslim mempelajari bahasa Arab. Dengan mempelajari bahasa Arab diharapkan seorang muslim dapat memahami kandungan kitab sucinya dan lebih mencintainya. Lebih dari itu, diharapkan seorang muslim mendapatkan istiqamah dan teguh di atas agamanya.

Semoga bermanfaat
17 Jumadil Awal

Sumber:
[1] Serial Cermah Islam: Rumahku Masih Ngontrak - Ustadz Dr. Syafiq Basalamah, MA.
[2] Keutamaan Bulan-Bulan Haram Di Dalam Islam
[3] Kalender Hijriah
[4] Sumber gambar

0 komentar:

Post a Comment