Asramaku: Kaikan, Hamamatsu, Shizuoka University

, , 7 comments
Bismillah...

Setelah cerita perjalanan Jakarta-Tokyo dilanjutkan dengan perjalanan Tokyo-Hamamatsu, kali ini saya akan cerita tentang asrama yang saya tempati di Hamamatsu. Tepatnya di 3-22-1, Shijimizuka, Naka-ku Hamamatsu-shi, Shizuoka Daigaku, Kokusai Koryu Kaikan Telp: 053-458-3361 (office) Kode Pos: 432-8018 (ditulis yang lengkap sekalian, biar kalo lupa alamat tinggal buka blog :p ).

Sebagai mahasiswa, saya berhak menempati asrama mahasiswa. Tapi tunggu dulu, asrama mahasiswa disini berbeda. Ada tiga tipe : untuk Single, Pasangan (couple), dan Keluarga (family). Karena sudah berkeluarga, maka saya dapat asrama yang bertipe keluarga.

Asrama ini bisa dibilang (sangat) bagus untuk saya yang biasa tinggal di kontrakan :) Luas ruangannya sekitar 50 meter persegi, dengan 2 ruang kamar tidur (1 kamar untuk orang tua & 1 kamar untuk anak), ruang dapur, ruang tamu dan kamar mandi (ada bathup-nya). Peralatannya sudah lengkap mulai dari lemari baju sampai lemari es. Pokoknya sudah siap ditempati..

Biaya sewanya pun termasuk murah dibandingkan harus menyewa di luar asrama, biaya sewa per bulan 14.500 yen (belum termasuk listrik, air dan gas). Biaya listrik, air dan gas biasaya sekitar 5000-20.000 yen, tergantung musim. Jika musim dingin, biasanya akan jauh lebih mahal, karena kita akan menggunakan banyak lisrik sebagai heater dan gas untuk mandi air hangat. Selain itu, untuk pertama kali harus menyediakan uang 80.000 yen (30 ribu untuk biaya pembersihan dan 50 ribu untuk uang deposit). Maksimum bisa memperpanjang tinggal di asrama kaikan adalah 2 tahun, kecuali kasus khusus seperti DDP (Double Degree Program).

Berikut penampakan asramanya.

Kamar Tidur
Kamar Mandi
Ruang Tamu
Ruang Tamu yang bersambung dengan Dapur
Halaman Belakang
Dapur dan Pintu Masuk Rumah
Parkir Sepeda
Asrama Single
Jalan menuju rumah
4 Lantai Asrama Kaikan Family and Couple (lagi Musim Gugur)
4 Lantai Asrama Kaikan Family and Couple
Kunci rumah pakai kode password

Semoga bermanfaat
Hamamatsu, 2013.10.19

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kereen.. Mupeng :P

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum,
    salam kenal Mas. Insya Allah, bulan oktober saya akan belajar disini. Mohon info untuk asrama, apakah mudah berpindah dari kamar single ke keluarga. Rencananya keluarga akan menyusul Mas... Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa`alaikumsalam,
      InsyaAllah bisa kok pindah dari kamar single ke family.
      Rencana membawa keluarganya berapa lama? kalau kasus sy dulu, sy apply untuk family room, walaupun keluarga datangnya 2-3 bulan setelah sy tinggal di Hamamatsu.

      Delete
  4. Terimakasih infonya, rencananya juga sekitar tahun baru sudah bergabung Mas, supaya anak2 juga turut merasakan spirit Hamamatsu hehehehhe. Masih tinggal di Asramakah atau sudah tinggal dilain tempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skarang masih tinggal di asrama. Kalau keluarga datangnya sekitar tahun baru, lebih baik pilih Family Room. Karena setahu saya, untuk pindah tidak bisa langsung pindah, harus menunggu setiap 6 bulan. Selain itu, kalau pindah dari single ke family, butuh biaya deposit dan cleaning yang double. Jadi lebih mahal jatuhnya.

      Delete