Doa shalat istikharah

, , No Comments
Jabir bin Abdullah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah s.a.w. mengajarkan kepada para sahabat untuk beristikharah dalam segala perkara, seperti beliau mengajarkan mereka surat Al-Qur'an. Beliau bersabda: "Kalau salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu hal, hendaknya ia malaksanakan shalat dua rakaat selain shalat wajib, kemudian berdoa:




"Ya Allah, aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sementara aku tidaklah kuasa.  Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui, sementara aku tidaklah mengetahui. Karena Engkau Mengetahui hal-hal yang ghaib. Ya Allah, bila Engkau mengetahui bahwa perkara ini (disebutkan apa yang menjadi persoalannya) lebih baik dalam agamaku, hidupku dan akhir urusanku kelak [dalam jangka pendek maupun panjang], maka takdirkanlah hal itu bagiku dan mudahkanlah aku untuk mendapatkannya, kemudian berkatilah aku dalam hal tersebut. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik, dalam agamaku, hidupku atau akhir urusanku kelak, [dalam jangka pendek maupun panjang], maka jauhkanlah perkara tersebut dariku dan hindarkanlah diriku darinya, lalu takdirkanlah yang baik buat diriku bagaimanapun adanya, kemudian buatlah aku ridha dengannya.90

Tidak akan menyesal bagi orang yang meminta pilihan kepada Sang Maha Pencipta lalu bertukar fikiran dengan kaum mukminin baru kemudian meneguhkan prinsipnya dalam persoalan yang dihadapi.
Karena Allah berfirman:
“dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah...” (QS. Ali Imran: 159).

90. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari VII/162.
sumber:
Buku Saku Doa & Wirid; Penulis : Said bin Ali bin Wahf Al-Qahthani; Penerjemah : Abu Umar Basyir Al-Maidani; Penerbit : Pustaka At-Tibyan.

0 komentar:

Post a Comment